FOLLOW

Selasa, 31 Januari 2012

PENGARUH KOMUNIKASI TERHADAP PRESTASI SISWA


PENGARUH KOMUNIKASI TERHADAP PRESTASI SISWA
BAB I
PENDAULUAN
1.1  Latar Belakang
Pada Era Globalisasi ini, perkembangan Handphonesudah berkembang. Sekarang orang-orang banyak menggunakan teknologi untuk berkomunikasi mencari informasi atau bertukar-tukar informasi.
Sekarang ini handphoneberperan penting dalam kehidupan sehari – hari, terutama orang yang berkerja kantoran dan orang yang berofesi sebagai pengajar.
Sebagian besar para pelajar menggunakan handphonehanya untuk hiburan. Dan mereka menggunakannya pada saat yang kurang tepat. Sehingga dapat mempengaruhi prestasi mereka. Oleh karena itu penulis tertarik untuk mengangkat tema ini.

1.2  Rumusan Masalah
Adapaun rumusan masalah dalam penelitian yang dilakukan adalah sebagai berikut.
1)      Bagaimana pengaruh penggunaan handphone terhadap prestasi siswa.

1.3  Tujuan Penelitian
adapun tujuan karya tulis ini adalah :
”Untuk mengetahui pengaruh penggunaan handphone terhadap prestasi siswa”.

1.4  Manfaat Penelitian
Adapun yang manfaat penelitian ini adalah penulsi berharap agar Karya Ilmiah ini dapat berguna dan bermanfaat bagi pembaca khususnya bagi para pelajar agar dapat mengetahui  pengaruh  penggunaan handphoneterhadap presetasi belajar. Selain itu, semoga dapat berguna dan bermanfaat bagi orang tua supaya dapat mengawasi kegiatan anaknya dalam menggunakan teknologi komunikasi.

1.5  Metode Penelitian
1.5.1        Jenis Penelitian
Untuk mengumpulkan data, penulis menggunakan jenis deskriftif. Deskriftif adalah untuk mengungkapkan atau mendeskriftifkan gejala yang telah ada dan atau sedang berlangsung.

1.5.2        Populasi dan Sampel
Populasi adalah wilyah generalisasi yang terdiri atas subjek/objek yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari kemudian ditarik kesimpulannya (sugiono.1999:47) populasi yang dimagsud dalam penelitian para siswa kelas IX D SMP N3 Kabupaten Tebo yang berjumlah 36 orang.
Sampel adalah bagian dari jumlah dan karakteristik yang dimiliki oleh populasi tersebut (sugiono.1995|:47)

1.5.3        Data dan Sumber Data
Agar tujuan   penelitian dapat tercapai,  maka penulis memerlukan data yang bersumber dari :
1)      Data primer adalah data yang diperoleh langsung dari objeknya (Ali. 1995.211)
2)      Data Skunder adalah data yang diperoleh tidak langsung dari objeknya (ali.1995:211)
Sumber data yang penulis gunakan untuk mencapai tujuan penelitian yaitu subjek penelitian, buku – buku yang berkaitan dengan objek penelitian.


1.5.4        Teknik Pengumpulan data
Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui subjek penelitian dengan cara menghitung nilai rata-rata rapornya,  yaitu nilai rata-rata sebelum mengguanakn handphone dan nilai rata – rata setelah menggunakan handphonekemudian dibandingkan.



1.5.5        Teknik Analisis Data
Setelah data terkumpul melalui dokumentasi kemudian memaparkan hasil penelitian dan membuat kesimpulan. Untuk mengumpulkan data – data yang diperlukan dalam penelitian ini menggunakan rumus :
Keterangan M: Mean (rata-rata)
                    X: Jumlah nilai semua mata pelajaran
                    N: Jumlah Mata Pelajaran
Untuk mencari perbandingan menggunakan rumus
Keternagan P : Perbandingan
                    M1: Rata-rata sebelum menggunakan
                    M2: Rata-rata setelah menggunakan
Nilai perbangingan tersebut digunakan untuk menjawab hasil penelitian. Apabila P positif maka pengaruhnya Positif, dan adabila negatif maka pengaruhnya negatif.

2      Kajian Pustaka
Menurut Duskur Diknas Indonesia :
Handphoneadalah segala hal yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke perangkat yang lainnya.
Menurut Annatta Sannai :
Handphoneadalah alat bantu dalam memperoleh pengetahuan antara seseorang kepada orang lain. (2010 : 211)

Menurut A. Tabrani :
Prestasi adalah kemampuan nyata (Actual Ability) yang dicapai individu sari suatu kegiatan atau usaha. (1991 : 22)


BAB II
HASIL PENELITIAN
2.1  Hasil Penelitian
2.1.1        Tabel Nilai Perbandingan















Keterangan : P : Perbandingan
                    M1: Rata-rata sebelum menggunakan
                    M2: Rata-rata setelah menggunakan
2.1.2        Tabel Nilai Berpengaruh Positif

















Unuk mencari persentasenya :


2.1.3        Tabel Nilai Berpengaruh Negatif

















Unuk mencari persentasenya :

2.2                         Pembahasan
Berdasarkan hasil penelitian dapat diperoleh perbandingan persentase yang signifikan antara pengaruh positif dan pengaruh negatif ataupun pengaruh negatif penggunaan handphone terhadap sample yang diteliti.
Total penjumlahan persentase dapat diuraikan sebagai berikut:
-         Pengaruh positif penggunaan handphone di peroleh angka persentase sebesar ........... dari sample.
-         Pengaruh negatif penggunaan handphone diperoleh angka persentase sebesar ............. dari sample.


BAB III
PENUTUP

3.1 Kesimpulan
Pada sub bab berikut ini, penulis akan menyimpulkn hasil dari penelitian di atas adalah bahwa secara umum ”Penggunaan Teknologi Komuniasi Berpengaruh .................. terhadap prestasi siswa”.

3.2  Saran – saran
Saran dari penulis adalah agar bisa memanfaatkan teknologi dengan baik. Karena apabila tidak memanfaatkannya dengan baik maka akan berpengaruh negatif terhadap prestasi belajar.


DAFTAR PUSTAKA



LAMPIRAN – LAMPIRAN


BIODATA PENULIS

Nama                          : SITI SILATU KHOMSIYAH
TTL                              : Rimbo Bujang, 1 Oktober 1995
Agama                         : Islam
Jenis Kelamin              : Perempuan
Alamat                                    : Jl. R.A Kartini Unit II Rimbo Bujang
Riwayat Pendidikan    :TK Pertiwi
                                    SDN 30
SMPN 3 Kabupaten Tebo

Tidak ada komentar: