PENGARUH KOMUNIKASI TERHADAP PRESTASI SISWA
BAB I
PENDAULUAN
1.1
Latar
Belakang
Pada Era Globalisasi ini, perkembangan Handphonesudah
berkembang. Sekarang orang-orang banyak menggunakan teknologi untuk
berkomunikasi mencari informasi atau bertukar-tukar informasi.
Sekarang ini handphoneberperan penting dalam kehidupan
sehari – hari, terutama orang yang berkerja kantoran dan orang yang berofesi
sebagai pengajar.
Sebagian besar para pelajar menggunakan handphonehanya
untuk hiburan. Dan mereka menggunakannya pada saat yang kurang tepat. Sehingga
dapat mempengaruhi prestasi mereka. Oleh karena itu penulis tertarik untuk
mengangkat tema ini.
1.2
Rumusan
Masalah
Adapaun rumusan masalah dalam penelitian yang
dilakukan adalah sebagai berikut.
1) Bagaimana pengaruh penggunaan handphone terhadap
prestasi siswa.
1.3
Tujuan
Penelitian
adapun tujuan karya tulis ini adalah :
”Untuk mengetahui pengaruh penggunaan handphone
terhadap prestasi siswa”.
1.4
Manfaat
Penelitian
Adapun yang manfaat penelitian ini adalah penulsi
berharap agar Karya Ilmiah ini dapat berguna dan bermanfaat bagi pembaca
khususnya bagi para pelajar agar dapat mengetahui pengaruh
penggunaan handphoneterhadap presetasi belajar. Selain itu, semoga dapat
berguna dan bermanfaat bagi orang tua supaya dapat mengawasi kegiatan anaknya
dalam menggunakan teknologi komunikasi.
1.5
Metode
Penelitian
1.5.1
Jenis
Penelitian
Untuk mengumpulkan data, penulis menggunakan jenis
deskriftif. Deskriftif adalah untuk mengungkapkan atau mendeskriftifkan gejala
yang telah ada dan atau sedang berlangsung.
1.5.2
Populasi
dan Sampel
Populasi adalah wilyah generalisasi yang terdiri atas
subjek/objek yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari kemudian ditarik
kesimpulannya (sugiono.1999:47) populasi yang dimagsud dalam penelitian para
siswa kelas IX D SMP N3 Kabupaten Tebo yang berjumlah 36 orang.
Sampel adalah bagian dari jumlah dan karakteristik
yang dimiliki oleh populasi tersebut (sugiono.1995|:47)
1.5.3
Data
dan Sumber Data
Agar tujuan
penelitian dapat tercapai, maka
penulis memerlukan data yang bersumber dari :
1) Data primer adalah data yang diperoleh
langsung dari objeknya (Ali. 1995.211)
2) Data Skunder adalah data yang diperoleh
tidak langsung dari objeknya (ali.1995:211)
Sumber data yang penulis gunakan untuk
mencapai tujuan penelitian yaitu subjek penelitian, buku – buku yang berkaitan
dengan objek penelitian.
1.5.4
Teknik
Pengumpulan data
Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan
melalui subjek penelitian dengan cara menghitung nilai rata-rata rapornya, yaitu nilai rata-rata sebelum mengguanakn handphone
dan nilai rata – rata setelah menggunakan handphonekemudian dibandingkan.
1.5.5
Teknik
Analisis Data
Setelah data terkumpul melalui dokumentasi kemudian
memaparkan hasil penelitian dan membuat kesimpulan. Untuk mengumpulkan data –
data yang diperlukan dalam penelitian ini menggunakan rumus :
Keterangan M: Mean
(rata-rata)
X: Jumlah nilai semua mata pelajaran
N: Jumlah Mata Pelajaran
Untuk mencari
perbandingan menggunakan rumus
Keternagan P : Perbandingan
M1: Rata-rata sebelum menggunakan
M2: Rata-rata setelah menggunakan
Nilai perbangingan tersebut
digunakan untuk menjawab hasil penelitian. Apabila P positif maka pengaruhnya
Positif, dan adabila negatif maka pengaruhnya negatif.
2
Kajian
Pustaka
Menurut Duskur Diknas Indonesia :
Handphoneadalah segala hal yang berkaitan dengan
penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang
satu ke perangkat yang lainnya.
Menurut Annatta Sannai :
Handphoneadalah alat bantu dalam memperoleh
pengetahuan antara seseorang kepada orang lain. (2010 : 211)
Menurut A. Tabrani :
Prestasi adalah kemampuan nyata (Actual Ability) yang
dicapai individu sari suatu kegiatan atau usaha. (1991 : 22)
BAB II
HASIL PENELITIAN
2.1 Hasil Penelitian
2.1.1
Tabel
Nilai Perbandingan
Keterangan : P : Perbandingan
M1: Rata-rata sebelum menggunakan
M2: Rata-rata setelah menggunakan
2.1.2
Tabel
Nilai Berpengaruh Positif
Unuk mencari
persentasenya :
2.1.3
Tabel
Nilai Berpengaruh Negatif
Unuk mencari
persentasenya :
2.2
Pembahasan
Berdasarkan hasil
penelitian dapat diperoleh perbandingan persentase yang signifikan
antara pengaruh positif dan pengaruh negatif ataupun pengaruh negatif
penggunaan handphone terhadap sample yang diteliti.
Total penjumlahan
persentase dapat diuraikan sebagai berikut:
-
Pengaruh positif penggunaan handphone di
peroleh angka persentase sebesar ........... dari sample.
-
Pengaruh negatif penggunaan handphone
diperoleh angka persentase sebesar ............. dari sample.
BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Pada sub bab berikut ini, penulis akan
menyimpulkn hasil dari penelitian di atas adalah bahwa secara umum ”Penggunaan
Teknologi Komuniasi Berpengaruh .................. terhadap prestasi siswa”.
3.2
Saran – saran
Saran dari penulis adalah agar bisa
memanfaatkan teknologi dengan baik. Karena apabila tidak memanfaatkannya dengan
baik maka akan berpengaruh negatif terhadap prestasi belajar.
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN – LAMPIRAN
BIODATA PENULIS
Nama :
SITI SILATU KHOMSIYAH
TTL :
Rimbo Bujang, 1 Oktober 1995
Agama :
Islam
Jenis Kelamin : Perempuan
Alamat :
Jl. R.A Kartini Unit II Rimbo Bujang
Riwayat Pendidikan :TK Pertiwi
SDN
30
SMPN 3 Kabupaten Tebo